Penyimpanan Bahan Kimia. Bahan Kimia merupakan media yang mengandung unsur kimiawi yang sensitif atau resistan terhadap kondisi lingkungan tertentu. Penggunaan Bahan Kimia yang berbeda membutuhkan perlakuan yang berbeda. Oleh karena itu, ketika seseorang akan menggunakan bahan kimia, maka wajib baginya untuk mempelajari sifat dan karakteristik bahan kimia tersebut. Informasi mengenai sifat bahan kimia tertentu dan informasi lain terkait keselamatan dan keamanan dalam menggunakan bahan kimia dapat dilihat pada Safety Data Sheet (SDS). Istilah ini dulu dikenal dengan MSDS (Material Safety Data Sheet). Dokumen SDS dikeluarkan oleh UN’s Globally Harmonized System of Classification and Labelling of Chemicals (GHS). Untuk mengakses SDS bahan kimia, saat ini dapat diakses melalui https://www.msdsonline.com.

Tata Cara Menyimpan Bahan Kimia
1. Simpan, atur dan pisahkan Bahan Kimia sesuai dengan informasi yang tertera pada SDS.
2. Dilarang menyimpan Bahan Kimia berdasarkan alphabet tanpa proses pemisahan.
3. Tempatkan Bahan Kimia pada tempat penyimpanan yang disediakan.
4. Bahan yang dapat bereaksi dengan plastik sebaiknya disimpan dalam botol kaca.
5. Bahan yang dapat bereaksi dengan kaca sebaiknya disimpan dalam botol plastik.
6. Bahan yang dapat berubah apabila terkena matahari langsung harus disimpan dalam botol gelap dan diletakkan dalam lemari tertutup.
7. Bahan yang tidak mudah rusak oleh cahaya matahari secara langsung dapat disimpan dalam botol berwarna bening.
8. Bahan berbahaya dan bahan korosif sebaiknya disimpan terpisah dari bahan lainnya.
9. Bahan Kimia toksik dan berbahaya disimpan pada cabinet yang terkunci (corrosive cabinet).
10. Bahan Kimia mudah terbakar pada tempat penyimpanan khusus (flammable cabinet) dan disimpan pada lokasi sejuk dengan ventilasi yang baik.
11. Bahan disimpan dalam botol yang diberi simbol karakteristik masing-masing bahan.
12. Sebaiknya bahan disimpan dalam botol induk yang berukuran besar. Pengambilan bahan kimia dari botol secukupnya saja sesuai kebutuhan, dan sisa bahan praktikum disimpan dalam botol kecil, jangan dikembalikan ke dalam botol induk, bertujuan untuk menghindari rusaknya bahan dalam botol induk.
13. Bahan Kimia secara periodik dicatat dalam kurun waktu yang telah ditentukan pada CIMS (Chemical Inventory Management System)