Pekan terakhir bulan September 2023 atau tepatnya pada hari Sabtu, 30 September 2023 Akademi Kimia Analis Caraka Nusantara (AKA CARAKA) menyelenggarakan acara Wisuda yang ke 15 bagi lulusan AKA CARAKA Angkatan 2020.

Wisuda adalah peresmian atau pelantikan yang dilakukan dengan upacara khidmat yang merupakan momen puncak yang menandai telah selesainya seorang mahasiswa dalam menjalani seluruh rangkaian kegiatan kebulatan studi di perguruan tinggi.

Seorang mahasiswa berhak mengikuti wisuda jika mahasiswa tersebut dinyatakan lulus sesuai kurikulum dan memenuhi persyaratan akademik lainnya serta tidak memiliki tunggakan biaya pendidikan dan administrasi keuangan lainnya;

Berdasarkan Surat Keputusan Direktur AKA CARAKA Nomor: 012/SK-AKACN/VIII/2023, tanggal 14 Agustus 2023, bahwa 12 orang mahasiswa/mahasiswi AKA CARAKA dinyatakan lulus dari AKA CARAKA. 1 orang mahasiswa dinyatakan lulus dengan predikat kelulusan “Pujian”, Sementara yang 11 orang mahasiswa dinyatakan lulus dengan predikat kelulusan “Sangat Memuaskan”.

Rangkaian upacara sidang terbuka Senat Akademik Akademi Kimia Analis Caraka Nusantara dalam Wisuda ke 15 AKA CARAKA, dimulai dengan Pembukaan Sidang Terbuka Senat Akademik AKA CARAKA oleh Ketua Senat Akademik Ir. Nurul Asni, M.Si. Ucapan Basmallah terdengar dan dilanjutkan ketukan palu menandai bahwa upacara wisuda ke 15 AKA CARAKA untuk lulusan tahun angkatan 2020 dimulai.

Laporan Direktur AKA CARAKA, Drs. Agus Taufiq, M.Si mengawali sambutan dalam acara Wisuda kali ini. Drs. Agus Taufiq, M.Si mengawali laporannya dengan menyapa diantaranya Ketua Yayasan Cipta Rasa Karsa Nusantara, Ketua atau perwakilan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah 3 Jakarta, Ketua Senat Akademik dan anggotanya, Orang tua wisudawan/wisudawati, Para Wisudawan/Wisudawati, Perwakilan Industri, Perwakilan Tempat Uji Kompetensi (TUK) dan seluruh undangan.
Wisudwawan/Wisudawati kali ini adalah mereka yang dulu saat menjadi mahasiswa mengalami kondisi yang sangat berat yaitu Pandemi Covid-19 dimana kegiatan perkuliahan dan praktikum dilakukan dengan cara online dan offline dengan selalu memperhatikan protokol kesehatan yang sangat ketat, kata Drs. Agus Taufiq, M.Si.
Dalam laporannya juga Direktur AKA CARAKA juga menyampaikan kepada hadirin semua tentang perjuangan dan kesungguhan serta kerja keras mereka pada saat mengikuti kegiatan PKL selama 6 bulan di industri sampai dengan penyelesaian laporan dan sidang akhir.
Kegiatan dalam rangka peningkatan kompetensi harus juga mereka lakukan diantaranya, praktikum instrumen di industri, Uji Kompetensi (LSP Kalbe Farma dan LSP Telapi). Drs. Agus Taufiq, M.Si merasa bersyukur jika mereka saat ini telah diterima di dunia kerja sebelum wisuda dilaksanakan.
Pada sesi terkahir laporannya, Drs. Agus Taufiq, M.Si. menyampaikan bahwa capaian prestasi yang saat ini di raih AKA CARAKA tentunya berkat kerjasama yang baik antara pihak kampus, industri dan pihak pemerintah.
Sebelum menutup sambutannya Drs. Agus Taufiq, M.Si menyapaikan permohonan maaf yang setulus tulusnya kepada semua hadirin.

Sampailah pada momen yang ditunggu tunggu yaitu Pelantikan Wisudawan/Wisudawati. Dalam pelantikan tersebut satu persatu Wiudawan/Wisudawati yang disebutkan namanya maju ke depan untuk melakukan prosesi pindah kuncir dan menerima Ijazah, Transkrip Akademik. Rasa bahagia, haru dan bangga terlihat dari raut wajah para hadirin semua. Terlebih para orang tua dan Wisudawan/Wisudawati. Senyum, linangan air mata haru dan tepuk tangan bergemuruh di seluruh ruangan ketika disebutkan capaian predikat kelulusan para Wisudawan/Wisudawati di ucapkan oleh pembawa acara. Rasa lelah selama 3 (tiga) tahun bergelut dalam padatnya kegiatan kuliah, praktikum, Uji Kompetensi, PKL dan magang kini terobati.

Perwakilan dari LLDIKTI 3 Jakarta, Bapak Tri Munanto S.E M.Ak (Ketua Kelompok Kerja Pembelajaran dan Kemahasiswaan), menyampaikan ucapan selamat kepada para wisudawan/wisudawati dan pesannya kepada mahasiswa untuk terus meningkatkan kemampuannya terutama dalam penguasaan bahasa Inggris. Kemampuan untuk berbahasa Inggris secara aktif akan dapat menguatkan kompetensi yang sudah di capai mahasiswa di kampus AKA CARAKA.

Sabutan selanjutnya oleh Yayasan Cipta Rasa Karsa Nusantara, Wido Driyono Soebagjo, yang dalam uraiannya beliau menyampaikan bahwa untuk mencetak SDM yang berkualitas tentunya dibutuhkan sarana prasarana dan pendanaan yang memadai. Jumlah mahasiswa yang masih sedikit juga menjadi kendala. Untuk itu pesan beliau kepada para Wisudawan/Wisudawati, agar menyampaikan informasi tentang AKA CARAKA ke masyarakat dan khususnya kepada calon mahasiswa baru.

Sebagai wakil Wisudawan/Wisudawati, Marti Adiniati (Wisudawan terbaik), menyampaikan ucapan terima kasih dan permohonan maaf kepada orang tua, civitas akademika AKA CARAKA dan semua pihak menjadi inti dalam sambutannya.

Sementara sambutan perwakilan Orang Tua Wisudawan/Wisudawati juga menyampaikan ucapan terima kasih dan permohonan maaf serta pesan terbaik buat putra putrinya. Do’a terbaik tak lupa disampaikan oleh beliau.

Sebelum ditutup dengan Do’a, sambutan perwakilan dari industri, Saudari Siti Robiatul Adawiyah (PT Pharma Health Care (Combiphar grup), juga menyampaikan ucapan selamat dan selamat datang di dunia kerja yang nyata. Persiapkan diri, tingkatkan kemampuan.

Momen penyerahan Penghargaan Wisudawan/Wisudawati terbaik (Marti Adiniati) yang diberikan langsung oleh perwakilan Yayasan Cipta Rasa Karsa Nusantara (Ibu Natalia Soebagjo). Penyerahan Sertifikat Kompetensi oleh perwakilan dari Tempat Uji Kompetensi (TUK) PT Kalbe Farma dan TUK Telapi.

Pembacaan Do’a dipimpin oleh Bapak Dr. Jauhari (Dosen) dilakukan sebelum Sidang Terbuka Senat Akademik dinyatakan ditutup.

Ucapan Selamat para Wisudawan/Wisudawati AKA CARAKA ke-15, disampaikan oleh Saudari Jihan (Mahasiswi) yang bertugas sebagai MC bertanda selesai sudah seluruh rangkaian kegiatan Wisuda AKA CARAKA ke 15 di Kampus AKA CARAKA.

Kontributor Berita: Infokom AKA CARAKA