Akademi Kimia Analis Caraka Nusantara dalam meningkatkan kompetensi lulusannya (hard skill dan soft skill), penelitian dan pengabdian kepada Masyarakat, maka terus mengupayakan kerjasama dengan instansi pemerintah maupun swasta.

PT BILGOS SEJAHTERA INDONESIA salah satunya. Perusahaan swasta ini melakukan kerjasama dengan Akademi Kimia Analis Caraka Nusantara dalam rangka peningkatan kemampuan SDM khususnya bagian laboratorium melalui kegiatan pelatihan yang dilaksanakan di laboratorium Akademi Kimia Analis Caraka Nusantara pada bulan Januari tahun 2021 selama 3 hari

PT BILGOS SEJAHTERA INDONESIA melakukan kerjasama dengan Akademi Kimia Analis Caraka Nusantara menargetkan para karyawan yang mengikuti kegiatan pelatihan tersebut antara lain:

  1. Mampu mengetahui resiko dan memahami bahaya yang ditimbulkan dari bahan kimia berbahaya dan beracun;
  2. Mampu mengetahui sifat dan memahami karakteristik bahan kimia berbahaya dan beracun;
  3. Mampu memahami simbol-simbol dan penggolongan bahan kimia berbahaya dan beracun;
  4. Mampu memahami bahaya yang dapat timbul di dalam laboratorium;
  5. Mampu menentukan fungsi peralatan sederhana yang digunakan di laboratorium dan memilih peralatan yang dibutuhkan untuk melakukan analisis kimia;
  6. Mampu melakukan teknik pemakaian peralatan gelas dan non gelas sesuai prosedur;
  7. Mampu melakukan teknik penimbangan sesuai instruksi kerja;
  8. Mampu membaca dan melaksankan teknik analis total kadar surfaktan sesuai dengan SNI 4075-2:2017.

Kegiatan tersebut telah selesai dilaksanakan sesuai kesepakatan.

PT MEDIALAB INDONESIA

Kerjasama kampus dalam rangka peningkatan kompetensi mahasiswa khususnya dalam bidang pengujian berbasis instrumentasi dengan bimbingan dan pendampingan oleh praktisi industri.

Salah satu lulusan Akademi Kimia Analis Caraka Nusantara sebagai pengelola PT MEDIALAB INDONESIA, yang bergerak dibidang laboratorium jasa lingkungan memiliki peralatan instrumentasi yang lengkap dan canggih (sesuai kebutuhan industri) membuka peluang kerjasama dengan AKA Caraka Nusantara sebagai bentuk kepedulian alumni terhadap kemajuan kampus telah berlangsung dari tahun 2019 sampai sekarang.

Peralatan yang di gunakan untuk meningkatan kompetensi mahasiswa khususnya dalam pengujian berbasis instrumentasi adalah:

  1. ICP
  2. AFS
  3. GC-MS
  4. GC-FID

Pihak kampus mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang setinggi tingginya kepada PT MEDIALAB INDONESIA yang telah memberikan kesempatan bagi beberapa mahasiswa semester akhir untuk melakukan Praktek kerja Lapangan (PKL)

KERJASAMA YANG DAPAT DILAKUKAN DENGAN PIHAK AKA CARAKA NUSANTARA LAINNYA ADALAH :

-PELATIHAN ISO 17025

-PELATIHAN ACHIEVMENT MOTIVATION TRAINING (AMT)

-PELATIHAN ANALISIS INSTRUMEN (SPEKTOROFOTOMETRI UV-VIS,AAS DAN HPLC) DAN ANALISIS KONVENSIONAL

– PELATIHAN KARYAWAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN ANALISIS KIMIA SESUAI KEBUTUHAN DI PERUSAHAAN

CONTACT PERSON PELATIHAN ATAU KERJASAMA(JENI ASTUTI ( WA 089522812189)

.