Tentang Akademi Kimia Analisis Caraka Nusantara

Akademi Kimia Analisis Caraka Nusantara (AKA CARAKA) didirikan oleh Yayasan Pendidikan Caraka Nusantara (YPCN) pada tahun 1992 dalam rangka menyediakan tenaga-tenaga terampil yang saat ini masih sangat diperlukan, khususnya sebagai calon-calon manager menengah/supervisor.

Sesuai dengan konsep awal, AKA CARAKA meyelenggarakan pendidikan Program D III untuk menghasilkan tenaga ahli dibidang analisis kimia. Dengan memperhatikan perkembangan selanjutnya, maka kurikulum disesuaikan dengan lapangan kerja yang masih terbuka luas.

AKA CARAKA adalah satu-satunya Perguruan Tinggi Swasta di Kopertis Wilayah III Jakarta yang menyelenggarakan Program Diploma III Kimia Analisis.

Kimia Analisis memegang peranan penting dalam meningkatkan daya saing produk industri dan juga menjadi landasan yang kuat untuk menegakkan kewirausahaan industri kecil dan menengah. Kurikulum AKA CARAKA disusun mengikuti struktur Standar Kompetensi Nasional Bidang Kimia Analitik dan selalu disesuaikan dengan kebutuhan lapangan kerja. Proses belajar mengajar dilaksanakan di gedung kampus AKA CARAKA berlantai tiga dengan luas total 2700 m2.

Selain ruang kuliah dan perpustakaan, kampus ini dilengkapi fasilitas laboratorium kimia (kimia dasar, kimia anorganik, kimia analisis, kimia fisik, fisika, mikrobiologi, dan industri kecil) yang memenuhi persyaratan pendidikan analis kimia.

Anggota Senat Akademi dan para dosen berpendidikan S1, S2 dan S3 dari Perguruan Tinggi di dalam maupun di luar negeri. Beberapa dosen berasal dari instansi Penelitian dan Pengembangan Pemerintah, Perguruan Tinggi Negeri dan Industri

Kurikulum dibagi menjadi 60% praktikum dan 40% kuliah. Akademi Kimia Analisis Caraka Nusantara mengadakan kerja sama dengan Fakultas Matematika dan Ilmu Pasti (FMIPA), Jurusan Kimia, UI untuk pelaksanaan Praktikum Analisis Instrumen.


Secara keseluruhan waktu studi di AKA CARAKA berlangsung selama 6 semester dan dilengkapi dengan berbagai seminar/Kuliah Umum dari tenaga-tenaga ahli/dosen tamu dan melakukan kunjungan ke industri maupun ke lembaga-lembaga penelitian. Proses studi diakhiri dengan ujian tulisan dan ujian lisan dalam suatu seminar dan sidang laporan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Industri. Bagi mahasiswa/i yang berprestasi memiliki kesempatan untuk mendapatkan beasiswa atau hibah penelitian dan kewirausahaan dari DIKTI .

Lulusan Akademi Kimia Analisis Caraka Nusantara dapat bekerja di hampir semua sektor pembangunan. Lapangan kerja utama adalah industri kimia (seperti industri polimer, petrokimia, tekstil dan semen/keramik) dan industri-industri yang melibatkan proses kimia (seperti industri perminyakan, makanan, minuman, farmasi dan kosmetik) serta di lembaga-lembaga penelitian dan pengembangan. Sampai saat ini permintaan tenaga lulusan Akademi Kimia Analisis Caraka Nusantara belum dapat terpenuhi sepenuhnya dalam hal kuantitas karena tingginya permintaan. Lebih dari 90% lulusan AKA CARAKA mendapat pekerjaan kurang dari tiga bulan bahkan beberapa diantaranya sudah mendapat pekerjaan sebelum lulus. Lulusan AKA CARAKA juga dapat melanjutkan pendidikan ketingkat sarjana melalui program ekstensi di Perguruan Tinggi Negeri atau Perguruan Tinggi Swasta.

AKA CARAKA menyadari sepenuhnya tentang masih banyaknya program studi dibidang kimia, yang masih bisa dan perlu dikembangkan. Dua langkah penting yang dapat ditempuh AKA CARAKA adalah:

  1. Untuk meningkatkan mutu pendidikan, AKA CARAKA tetap berusaha mencari peluang untuk melakukan kerja sama, baik dengan Industri, Perguruan Tinggi negeri maupun swasta.
  2. Akademi Kimia Analisis Caraka Nusantara selalu berupaya untuk membina hubungan yang baik dengan pihak industri agar diciptakan visi yang sama antara AKA CARAKA sebagai pendidik calon pekerja dan pihak industri yang menyerap tenaga tersebut untuk kepentingan usahanya.