Apa itu Analis Kimia?

Setiap harinya kita menggunakan banyak produk yang beredar di pasaran. Mulai dari sabun mandi, shampoo, pasta gigi, sikat gigi, sabun pencuci piring, detergen, kosmetik  dan lain sebagainya. Selain itu, masyarakat juga gemar mengkonsumsi berbagai produk makanan dan minuman serta bahan olahan lainnya yang dijual di pasar dan supermarket.

Pertanyaan yang sering muncul di benak konsumen adalah, seberapa amankah produk-produk tersebut digunakan masyarakat?

Perlu diketahui bahwa sebelum produk-poduk tersebut beredar di masyarakat, dilakukan pengecekan terhadap keamanan produk tersebut. Pengecekan tersebut dilakukan di bagian laboratorium oleh tenaga analis kimia.

Indonesia saat ini memiliki ribuan perusahaan yang bergerak di berbagai industri seperti makanan, minuman, obat-obatan, minyak dan gas dan lain sebagainya. Perusahaan-prusahaan tersebut memerlukan banyak tenaga analis kimia untuk mendukung keamanan produk yang mereka pasarkan, sehingga seorang analis kimia menjadi ujung tombak untuk menguji kualitas dari produk-produk tersebut.

Hal inilah yang membuat tenaga analis kimia selalu dibutuhkan dan banyak tawaran dan lapangan kerja yang dibuka untuk jasa analis kimia.

Hal ini membuktikan bahwa Bukan kita yang cari kerja, tapi kerja yang cari kita!!!

Jika ANDA tertarik, mari bergabung di

AKADEMI KIMIA ANALISIS CARAKA NUSANTARA

“Membangun Karir, Menuju Kesuksesan”

Seperti apa ruang lingkup kerja analis kimia?

Ruang lingkup kerja analis kimia tidak hanya di satu bidang saja, tapi banyak di bidang industri lainnya seperti kesehatan, lingkungan, rumah sakit, obat-obatan (farmasi), makanan, minuman, laboratorium jasa, minyak dan gas dan lain sebagainya.

Apakah jenjang karir seorang analis kimia hanya di bagian laboratorium saja?

Tentu saja tidak. Karir seorang analis kimia dapat berkembang pesat di perusahaan dan tidak bekerja hanya di laboratorium saja.

Seperti apa lulusan AKA Caraka Nusantara?

Lulusan AKA Caraka Nusantara telah bekerja di berbagai sektor industri. Karir tersebut tidak hanya sebatas di laboratorium saja. Banyak alumni AKA Caraka Nusantara yang mencapai sukses dalam berkarir di dunia industri.

Alumni AKA Caraka Nusantara bahkan telah mencapai karir sebagai  pimpinan dan pemilik perusahaan. Hal ini sangat dimungkinkan karena kurikulum yang diajarkan di Kampus Caraka Nusantara juga menerapkan pengembangan skill wirausaha bagi seluruh mahasiswa. Hal ini sesuai dengan visi dan misi kampus Menjadi Perguruan Tinggi unggulan berbasis kompetensi kimia analisis yang mampu bersaing sesuai dengan perkembangan industri di tingkat nasional dan menumbuhkan jiwa wirausaha.

Berikut sebagian data alumni yang sudah bekerja di berbagai perusahaan besar di Indonesia:

NAMA PERUSAHAANPOSISI / BAGIAN
PT Huntsman IndonesiaHealth Safety Environment
PT Kalbe Farma, Tbk.Analyst
PT Envirolabs NusantaraManager Teknis
PT IntertekKepala Laboratorium
PT Mustika Ratu Tbk.Analyst
BPLHD Kota DepokLaboratorium
BNN JakartaAnalyst
PT Mulia Agung ChemindoPemilik
LEMIGASAnalyst
BP POM JakartaLaboratorium
PT Novell Pharmaceutical LaboratoriesAnalyst
PT Mutu Agung Certification InternationalKepala Laboratorium
PT HESS Indonesia PangkahLab Technici

Apakah lulusan AKA Caraka Nusantara dapat menjadi PNS?

Tentu saja dapat. Hal ini dibuktikan dengan bekerjanya alumni AKA Caraka Nusantara di BPLHD (Badan Pusat Lingkungan Hidup Daerah) Kota Depok, BNN Jakarta dan BP POM Jakarta.